Scout Diary 26 April 2013

Sabtu, 11 Mei 2013


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka !
Salam Semangat!
Apa kabar kakak-kakak dan adik-adik? Sudah satu pekan tidak berjumpa ria walau lewat udara. Semoga kita berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, amin. Kali ini Scout Diary Ambalan Ganesha Pa./Pi. akan menceritakan dan menuturkan dengan gamblang mengenai apa-apa saja yang dilakukan teman-teman pramuka di SMA Negeri 1 Purbalingga. Kini di edisi Jumat, 26 April 2013 akan membawa secerca semangat untuk hari esok yang lebih baik. Oke lansung saja, yok mari . . .
Kegiatan rutin pertama adalah mendisiplinkan diri dan meningkatkan rasa kebangsaan kepada NKRI dengan kegiatan upacara pembukaan latihan rutin. Walau pastinya agak bosan setiap kali latihan pasti ada hal semacam ini, tapi kami hanya ingin melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini juga instruksi dari Pembina kami Kak Danu Ginta yang menyebutkan bahwa sebaik mungkin setiap awal latihan harus ada upacara buka latihan. Tapi tidak apa-apa, anggap saja ini sebaigai sarana kita memupuk rasa cinta tanah air kepada Ibu Pertiwi. Selepas puas berdiri sekitar setengah jam, latihan dilanjutkan dengan Peraturan Baris-Berbaris guna meningkatkan kualitas fisik anggota GP. Dengan kesigapan para peserta, membuat lapangan basket serasa lapangan militer yang sedang ada kegiatan latihan persiapan tempur. Begitu pula para pramuka yang disiapkan untuk hal-hal yang tidak terduga. Hentakan kaki yang serasa menggebu di dalam sanubari sehingga membuat teringat masa-masa sebelum kemerdekaan yang penuh gelora kemenangan.

Berpanas-panasan sudah, sekarang giliran kegiatan indoor berupa sosialisasi struktur organisasi Gerakan Pramuka mulai dari Nasional sampai ke tingkat Gugus Depan sehingga nantinya para pramuka tidak bingung jika ditanyai masalah kepramukaan. Dilanjutkan dengan pengenalan tanda-tanda yang banyak digunakan oleh pramuka baik peserta didik atau golongan dewasa seperti tanda Pradana, Pinsa, dan Wapinsa yang sederajat dari Penegak hingga Siaga, kemudian Tanda Jabatan mulai dari Gugus Depan sampai Nasional hingga Satuan Karya, serta Tanda-Tanda Mahir dan Mabi lainnya. Metode yang kami gunakan adalah ceramah, gambar, dan pendalaman wawasan individu sehingga diharapakan materi yang disampaikan akan tersalurkan dengan baik. Selepas itu, adik-adik pramuka ini akan akan melaksanakan Turun Bawah atau biasa disebut dengan Turba. Kegiatan ini adalah kegiatan di mana adik-adik pramuka akan menularkan materi-materi dan ketrampilannya ke Pangkalan Siaga dan/atau Penggalan di Purbalingga. Kegiatan ini juga bisa bertujuan untuk mendapatkan TKK dalam penguasaan materinya masing-masing.
Setelah indoor activities selesai, adik-adik kita melaksanakan ISHO untuk mendekatkan diri kepadaNya dan sebagai bukti bahwa sepadat apapun kegiatannya, kecerdasan religi harus tetap dipelihara. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Gendhu-Gendhu Rasa sejenak baru ditutup dengan menyanyikan lagu Syukur dan doa. Selamat jalan adik-adik, hati-hati di jalan dan langsunglah pulang. Terima kasih atas atensinya. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions