FATAR 2012

Kamis, 25 Oktober 2012


FIRST ADVENTURE TO BE A ROVER RANGER (FATAR)
Pramuka Ambalan Ganesha Pa. / Pi.
SMA Negeri 1 Purbalingga
Gudep 01.701/01.702
Hari                 : Minggu
Tanggal           : 21 Oktober 2012
Waktu             : Pukul 06.15 WIB – 13.15 WIB


Pagi itu sangat cerah, kami mulai bergegas menyiapkan segala sesuatunya dengan semangat. Mulai dari memasang bendera pramuka, menata tempat upacara di lapangan utama, mengatur sound system, hingga menyaipkan kapling adik kelas dan absen pun kami lakukan dengan suka cita. Ya, Fatar inilah event pertama kami di awal masa jabatan 2012-20113.
Kegiatan ang seharusnya dimulai pukul 06.15 WIB namun berubash menjadi pukul 06.45 WIB atau molor 30 menit. Ini disebabkan dari pihak kami Bantara kelas XI sendiri yang datangnya agak terlambat. Tapi tak apa, itu bukan hal untuk menyurutkan semangat kami. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ka Yusuf Guidanto H. sebagai Korlap I Putra serta perwakilan adik kelas guna penyematan kartu peserta. Upacara berlangsung sekitar 45 menit dan berjalan lancar namun masih banyak yang perlu dibenahi dalam upacara kali ini antaa lain rasa khidmat dari peserta upacara yang masih kurang.
Selanjutnya adalah pemberangkatan. Di sini pemberangkatan dilakukan bertahap per 3 sangga karena dilihat dai tahun lalu yang berangkatnya per sangga saja, waktu selesainya masih molor. Sebelum pemberangkatan, adik-adik calon penegak diberi waktu guna mempersiapkan perlengkapan dan perbekalan. Salah satu cara unik yang digunakan dalam pemberangkatan adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan aneh kepada adik kelas seperti kandidat dengan badan tertinggi, terhitam, hidung termancung, terbanyak tahi lalat sampai ibu kantin pun masuk dalam kategori ini. Secara bertahap peserta mulai berkurang dan akhirnya benar-benar habis sekitar pukul 09.30 WIB.
Perjalanan atau penjelajahan yang akan dilalui adalah mengelilingi Desa Karangsentul dengan dimulai dan diakhiri di SMA Ganesha. Calon pramuka penegak ini juga diwajibkan untuk melalui pos-pos yang telah dipersiapkan seperti pos keagamaan, PU, dinamika kelompok, nasionalisme, PBB, dan halang rintang. Di dalam perjalanan ini pasti akan muncul berbagai rasa mulai dari asik, seneng, bisa kumpul bareng sampai panas, cape dan males. Itu merupakan hal yang wajar bagi kami. Begitu pula yang terjadi dengan Bantara kelas XI.
Kegiatan inti pun selesai atau selesai paksa karena waktu yang kurang memungkinkan, sekitar pukul 13. 30 WIB masih ada yang belum selesai. Seharusnya pukul 13.15 WIB sudah pulang. Namun, tidak apa, ini bukan kendala besar. Selepas kegiatan inti selesai, peserta diwajibkan megukiti upacara penutupan dan sekaligus pelantikan dari penggalang menuju penegak. Tamu Ambalan ini juga diwajibkan mengucapkan dan mengamalkan janji sebagai anggota Ambalan. Kegiatan seutuhnya berakhir sekitar pukul 14.00 WIB. Semoga FATAR atau PTAG  ini dapat bermanfaat bagi semuanya walau banyak kekurangan di sana-sini. Sekian kisah kami. Terima kasih.
















3 komentar:

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions