Diary Of PPDK 2013

Sabtu, 11 Mei 2013


Diary Of PPDK 2013
PPDK 2013 atau Pelatihan Pengelolaan Dewan Kerja ini aku ikuti pada tanggal 13-15 April 2013 bertempat di gedung Balai Benih. Hari di mulai pada hari itu hari sabtu dan sedang masa-masa liburan yang panjang, tapi tak apalah dengan ikut seperti ini bisa memberikan motivasi tersindiri untuk saya. Setelah saya berangkat saya pergi menuju sekolah terlebih dahulu untuk menjemput patner saya yaitu Cahyaning Wahyuningyas untuk pergi bersama-bersama menuju gedung Balai Benih. Setelah sampai pada gedung Balai Benih saya langsung bertemu dengan teman baru dari pangkalan lain, dan pada saat itu juga kami bercerita-cerita tentang Pangkalan masing-masing dan ternyata dia adalah seorang pradana saya sempat terkejut karena dia seumuran dengan saya,tapi saya sangat salut dengan adanya cerita itu. Setelah kami pergi berkeliling,tiba saatnya apel. Tempatnya yaitu di aula atas,apel pun selesai. Setelah apel kami isoma(istirahat sholat makan),kemudian setelah selesai kami dikumpulkan di depan gedung untuk diberikan pengarahan-pengarahan tentang tempat istirahat kami pada malam hari nanti. Ternyata ruang tempat istirahat kami berada di lantai 2 dan setelah membuka pintu ruangan saya sempat terkejut karena dalam ruangan tersebut berisi kasur,bantal dan lemari,dalam hati saya berkata “jarang-jarang kegiatan pramuka tidur di kasur”, tapi tidak apalah malah saya bersyukur. Setelah itu sesi pertama pun dimulai dan pada hari itu setiap sesi sangat memberikan informasi yang belum saya ketahui dan sangat bermanfaat untuk masa depan saya dan masa depan ambalan. Pada hari itu sesi berakhir pada pukul 23.00 WIB,bukannya kami tidur malah kami bercerita-cerita tentang pengalaman masing-masing. Kami tidak bisa tertidur karena sebelumnya kami meminum kopi yang disediakan oleh panatia,alhasil kami tetep melek sampai tengah malam. Yang saya senang adalah ada teman yang berkata “kamu masih kelas 10 tetapi berkatanya seperti orang dewasa” saya sebetulnya tertawa dalam hati, ya syukur karena sudah ada teman yang menganggap keberadaan saya.
Pada saat teman saya masih bercerita,saya mencoba untuk memejamkan mata alhasil saya akhirnya bisa tertidur. Pada esok harinya kegiatan pertama yaitu senam pramuka, hal ini belum pernah dilakukan akan tetapi saya sangat senang karena mengikuti hal ini. Pada hari ini sesi yang sangat berkesan bagi saya adalah sesi debat karena pada saat itu kami mengemukakan argument kami tentang pramuka, saya berada pada satu tim yang sama dengan Cahyaning Wahyuningtyas, oleh sebab itu kami bisa bekerja sama untuk membuat tim kami bisa mengemukakan argument dengan baik , entah mengapa saya terlalu bersemangat sampai-sampai banyak dari tim lain yang kami sanggah akan argumennya,tetapi setelah kami maju pun kami juga diberondong dengan pertanyaan-pertanyaan yang tajam, Alhamdulillah kami bisa menjawabnya dengan baik dan benar. Setelah semua selesai mengemukakan argumennya dipilih 2 tim terbaik yaitu tim saya dengan tim dari Kak Winto. 2 tim itu akan diuji kembali dan kembali mengemukakan argumennya dan kemudian yang memilih adalah teman-teman dari tim lain, saya sudah sangat pesimis karena kami sudah terlalu banyak menyanggah pernyataan tim lain. Dan ternyata sudah dugaan saya tim saya mendapat bintang yang lebih sedikit dari tim nya kak Winto. Tim kami menerima dengan keputusan itu dan melanjutkan sesi dengan baik dan berjalan dengan lancar. Pada hari itu sesi yang berlangsung sangat istemewa karena,materi yang diberikan sangat bermanfaat karena materi materi yang disampaikan memberikan motivasi yang sangat berharga dan memberikan manfaat yang bagus untuk masa depan yang kedepan.
Pada malam hari kami diajarkan tentang tata cara penyalaan api unggun menggunakan lilin dan perwakilan dari ambalan ganesha yaitu Cahyaning Wahyuningtyas mereka menyalakan api unggun dengan cara menyebutkan satu per satu poin di dasadarma pramuka. Setelah selesai sesi kami istirahat sampai esok hari, dan tiba-tiba kami dibangunkan pada pukul 03.00 WIB untuk melakukan renungan malam yang dilaksanakan diBuper Munjuluhur. Walaupun lelah menunggu kami disitu mendapatan pencerahan dan hidayah untuk melakukan yang terbaik di masa depan berikutnya. Setelah selesai kami kembali ke gedung Balai benih untuk melakukan senam pagi yang ceria dan melakukan game-game yang menatrik dan menyenangkan serta gembira. Sehabis senam kami mempersiapkan barang-barang kami untuk di taruh didepan aula untuk persiapan upacara penutupan PPDK 2013 ini, tetapi sebelum upacara ada pengumuman peserta laki-laki terbaik dan peserta perempuan terbaik dan juga kelompok terbaik. Dalam sesi ini dari Ambalan Ganesha terdapat perwakilannya yaitu Cahyaning Wahyuningtyas yang mendapatkan gelar Peserta perempuan terbaik dan sedangkan saya belum mendapatkan apa-apa tetapi saya tetap optimis dan tetap ini bisa memberikan motivasi yang baik untuk masa depan yang bahagia dan juga saya sudah tidak sabar untuk memberikan materi yang didapat untuk disampaikan kepada teman-teman. Setelah itu kami gendu-gendu rasa dengan sesama teman dan dengan panitia PPDK 2013. Kemudian kami melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah-sampah disekitar gedung. Kemudian kami mengambil surat dan cd pembelajaran yang sudah diberikan panatia.
Dan kami pulang dengan perasaan bahagia dan senang .
Sekian, terima kasih.
ttd. N. Fahri Fauzi

1 komentar:

  1. Wah, menyenangkan sekali. Semoga ilmunya bisa diterapkan di ambalan ya, dik. Salam Pramuka!

    BalasHapus

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions