Scout Diary, 12 April 2013

Sabtu, 11 Mei 2013


Assalamualaikum Wr. Wb.
Scout Salute!
Selamat datang di portal dan blog Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga Ambalan Ganesha Pa./Pi. Di sini kita akan diajak dan dimanjakan dengan informasi seputar Kepanduan di Indonesia, di sekolah kami khususnya. Pada edisi kali ini Jumat, 12 April 2013, Scout Diary akan mengupas seputar kegiatan outdoor Pramuka yang tentunya mengasyikan dan menggembirakan. Langsung saja, mari kita sama-sama menyimak di TKP.
“Panggilan kepada Bantara dan Tonti kelas X harap berkumpul di depan saya dalam hitungan 10!” Itulah kalimat yang pertama kali di dengar setiap latrut dan paling mengagetkan karena Kakak Korlap di sini harus menuntut peserta agar cepat berbaris di depannya. Setelah semua peserta telah berbaris dengan rapi, upacara pembukaan akan segera dimulai. Kali ini petugas upacaranya adalah kelas X putra. Tujuannya adalah membiasakan diri sebelum memegang Ambalan dan untuk mengisi Poin SKU Laksana juga nantinya. Upacara pun dimulai. Walau masih ada kesalahan dalam pelaksanaan upacara pembukaan kali ini, namun kami tetap memberikan apresiasi kepada petugas yang telah berusaha berlatih dan memberanikan diri berdiri di depan di antara semua peserta, kakak kelas dan pembina.

Selepas upacara selesai sekitar pukul 14.00 WIB, peserta langsung diambil alih oleh Korlap guna melaksanakan LKBB/PBB dengan dibagi menjadi 5 pleton agar materi PBB dapat berlangsung intensif karena meninjau pengalaman sebelumnya, jika masih tetap dibagi menjadi 1 pleton besar, maka materi akan jarang bisa ditangkap oleh peserta. Di bawah terik  Sang Mentari, semua peserta semangat dan mantap melangkahkan kaki mereka agr tidak kelihatan salah oleh kakak kelas, haha. Mereka bermandikan keringat dan suara yang serak mulai melanda karena mencoba menjadi Komandan Pleton (Danton). PBB ini bisa untuk melatih kerjasama, kekompakan, menjaga kebugaran, kedisiplinan, dan hal yang jarang ditemui adalah bahwa PBB adalah gerakan pencerminan dari gerakan Sholat sehingga dalam ilmu Peraturan Baris-Berbaris ini ada semacam nilai-nilai spiritual. Setelah sekitar lebih kurang satu setengah jam ber-PBB ria, mereka diizinkan untuk melaksanakan ISHO guna melepas lelah.
ISHO pun berakhir dan kegiatan selanjutnya adalah Gendhu-Gendhu Rasa baik seputar kegiatan Gebyar Bhakti nantinya ataupun hal lain seperti halnya SKU dan lagu-lagu pemberi semangat yang dapat dicari di http://www.ganesha-crew.blogspot.com/ dan untuk tutup buku pada latihan rutin kali ini, Calon Bantara yang belum terlantik akan dilantik hari ini bersama adik-adik yang belum menerima atribut baru. Semoga esensi bahwa Pramuka itu penuh dengan jiwa nasionalis dan persahabatan yang tinggi dapat dicapai bersama-sama. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Scout Salute!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions