Diary Latrut 23 Nov. 2012

Minggu, 09 Desember 2012


Assalamualaikum wr. Wb.
Salam Pramuka !!!
Salam sejahtera bagi kita semua, amin.
Berjumpa lagi di sini, dalam kegiatan kepanduan kita tercinta, Diary Latrut Ambalan Ganesha Pa./Pi. Gudep 01.701/01.702 SMA Negeri 1 Purbalingga. Kali ini kami datang membawa Edisi Jumat, 23 November 2012. Ini adalah diary terakhir di akhir tahun 2012 maupun akhir semester I. Apa yang kami lakukan di akhir semester ? Check it out.
Seperti biasa, kegiatan kami awali di lapangan, namun kali ini bukan diawalai dengan upacara, namun sekedar apel. Hal ini dilakukan karena kami memandang suasana yang kurang mendukung berupa mendung yang luar biasa. Dan ternyata benar, di tengah kami melakukan apel, hujan pun mulai mengguyur Purbalingga dan sekitarnya tak terkecuali kami. Akhirnya kami pun menjalani apel dengan sedikit tergesa-gesa. Tak apa dan tetap berjalan sampai akhir. Semua peserta apel segera meninggalkan lapangan basket setelah dibubarkan dan langsung menuju ke base camp masing-masing, baik Tonti ataupun selain Tonti. Di tengah guyuran rahmat Tuhan berupa hujan, kami tetap melaksanakan latihan rutin. Untuk Tonti, kami serahakn kepada Kak Taufik Nur Arifan selaku Koordinator Lapangan Putra II untuk mengisi materi Survival, walau indoor tapi tetap asik. Kak Taufik ini juga salah satu peserta yang lolos Gladi Tangguh Ubaloka Cabang Purbalingga dan meraih peringkat ke II setelah Kak Muhammad Alwan Irfan (Teknik Kepramukaan II Putra) yang menduduki peringkat I.
Sedikit beralih, untuk selain Tonti, kami telah meyediakan fasilitas Gendhu-Gendhu Rasa bagi yang sekedar ingin curhat tentang pramuka atau tentang masa-masa SMA. Waktu semacam ini banyak digunakan oleh adik-adik kelas X untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam benak mereka dan meluapkan kegembiraan serta melepas penat seharian mengurus ini itu di kegiatan intrakurikuler. Dengan ini kami harapkan akan terjalin komunikasi yang baik antara kakak kelas dan adik kelas. Hidup itu ada baik dan buruknya. Begitu pula hari ini, ada yang benar-benar menggunakan waktunya untuk mengungkakan isi hati, namun ada pula yang masih malu-malu untuk mengeluarkan suaranya. Ya, kami pun hanya dapat memberi motivasi untuk tetap aktif di kelas. Tak lama, sebuah pendekatan emosional kami lakukan agar adik-adik kelas X ini memiliki rasa disiplin. Kakak-kakak Pemangku Adat dan Penelitian-Evaluasi hadir guna meluruskan sedikit tingkah laku kurang baik dari adik-adik kelas X. semoga ini dapat menjadi sebuah motivasi dan dorongan agar dapat lebih baik, bukan menambah rasa kebencian antara kakak kelas dan adik kelas. Kami hanya berniat baik untuk meluruskan kalian dik. Selepas itu, kami berusaha menghibur dan mencari sisi baik dari semua ini.
Rencana awal latrut adalah ketika upacara, kami akan mengumumkan Sangga Terbaik dan Sangga Terfavorit pada Fatar kemarin, namun, ya, mau bagaimaa lagi, suasana yang kurang mendukung. Kami pun hanya masuk kelas yang menjadi sangga terbaik dan terfavorit tesebut. Untuk sangga terbaik jatuh kepada sangga Gandawati dari kelas X-6 dan sangga terfavorit jatuh kepada sangga Nakula dari kelas X-8. Selamat kepada masing-masing sangga. Kami hanya dapat memberi pin Fatar yang khusus dibuatkan hanya untuk sangga tesebut, limited edition, hehe. Janganlah menilai dari banyak dan harganya, namun nilailah dari seberapa tulus dan cintanya kami kepada kalian, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kalian.
Kita beralih lagi kepada Tonti. Selepas materikulasi Survival, kami adakan pengisian poin SKU Bantara poin 3 yakni “Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik” serta pembagian Tanda Sangga. Kegiatan diakhiri pukul 17.00 WIB dengan apel penutupan indoor.
Itulah sekelumit kisah kami kali ini, terima kasih dan sampai jumpa. Salam Pramuka !!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions