Diary Latrut 21 Sept. 2012

Kamis, 25 Oktober 2012


Salam Pramuka !!
Salam sejahtera bagi kita semua, amin. Berjumpa lagi dengan kakak di sini, di Ganesha Crew Zone, di mana kita akan memperoleh pengalaman dan wawasan baru. Untuk saat ini, latihan rutin hari Jumat, 21 September 2012 agendanya yaitu Bulan Saka. Apa itu Bulan Saka Kak ?? Bulan Saka adalah waktu di mana kita akan disajikan penyaji materi dari saka-saka atau satuan karya yang ada di Purbalingga, istilahnya full with saka. Tapi tenang, kita sudah merancang biar ngga bosen kok, walaupun full, kita tetep ada selingannya yang pasti seru deh, yok kita lihat.

TNI AD. Apa yang ada di pikiran kita kalau mendengar kata-kata TNI AD ?? Ada yang membayangkan nyeremin, tegas, kaku. Ada pula yang beranggapan disiplin, tepat waktu, dan kuat. Itulah serba-serbi dari Indonesia dan itu pula sikap yang dimiliki anggota TNI AD. Itu semata-mata demi menjaga keutuhan NKRI tercinta. Nah, di sini pramuka juga ikut andil yaitu dalam wadah yang disebut Saka Wira Kartika (SWK). Kakak-kakak yang datang ini adalah kakak-kakak dari Saka Wira Kartika Wijaya Kusuma Kodim 0702/Purbalingga. Di sini ada Kak Waluyo dan Kak Gino yang memberikan materi seputar nasionalisme dan bela negara di SWK. Beliau ini adalah pelatih di SWK Wijaya Kusuma yang tentunya sudah senior dan menguasai materi. Di SWK kita akan mendapat materi yang belum bahkan sama sekali kita ketahui di kehidupan sehari hari sepert Survival, Mountainering, Navigasi Darat, Penanggulangan Bencana, dan Pioneering yang semua itu pasti akan sangat berguna apalagi kita sedang dalam keadaan darurat, tersesat, hilang, atau perang, walau kesemua itu jarang sekali tejadi. Tapi yakinlah bahwa semua ilmu pasti bermanfaat.
Pada Krida survival kita dilatih untuk bagaimana agar kita bisa hidup di alam bebas, sekalipun kita sendirian dan dalam keadaan apapun. Sedangkan untuk Mountainering kita akan dididik untuk dapat menaklukan gunung, bagaimana itu naik, turun, atau mengatasi maslah. Di Navigasi Darat, nantinya peserta didik diharapkan dapat menjadi penunjuk jalan apalagi kalau sedang tersesat. Karen di sini ilmu yang diberikan adalah mengenai navigasi atau penunjuk arah yang pastinya tidak mudah tapi pastilah jika kita mau, pasti kita bisa. Nah untuk Penanggulangan Bencana inilah materi yang mungkin akan paling banyak digunakan sehari-hari karena bencana merupakan hal yang paling kita sering jumpai sehari-hari. Untuk yang terakhir adalah Pioneering. Di sini kita dilatih agar dapat membangung sebuah bangunan dalam keadaan darurat dan dengan peralatan seadanya, seperti membuat menara atau jembatan.
Semua itu adalah sekelumit dari sejuta manfaat jika kita mengikuti Saka Wira Kartika ini. Itulah yang dapat kami sajikan kepada adik-adik dan kakak-kakak sekalian. Terima kasih dan salam pramuka !

1 komentar:

  1. kakak.... kalo bisa tiap postingan dikassi foto2 sdkit yaah... thx

    SALAM PRAMUKA..!!!

    BalasHapus

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions