PERKEMPINAS 2012

Rabu, 19 September 2012


Jambi, Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) menyatakan bahwa Perkemahan Pramuka Putri Nasional yang direncanakan akan diselenggarakan pada tahun 2012 mendatang, dengan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah, ditujukan untuk kemajuan Provinsi Jambi, termasuk diantaranya dampak positif bagi perekonomian Provinsi Jambi. Pernyataan tersebut disampaikan gubernur dalam Rapat Persiapan Perkempinas Tahun 2012, pada Sabtu malam (26/11), bertempat di auditorium rumah dinas gubernur Jambi

 

Perkempinas tahun 2012 yang merupakan kali kedua ini (yang pertama diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara), direncanakan akan dilangsungkan pada minggu ke-3 dan ke-4 November tahun 2012, bertempat di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan ini direncanakan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau Ani Bambang Yudhoyono.
Sehubungan dengan tujuan baik dari kegiatan Perkempinas tersebut, yakni untuk memajukan Provinsi Jambi, dalam arahannya, gubernur Jambi yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka (GP) Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi menghimbau seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan even tersebut sebaik-baiknya. Persiapan dimaksud meliputi acara-acara dalam kegiatan beserta pengisi acara, sarana, infrastruktur, fasilitas, perlengkapan, dan anggaran atau dana.
Bermaksud untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin guna menyukseskan Perkempinas tahun 2012, terlebih lingkup even ini adalah nasional, rapat persiapan ini dilakukan jauh-jauh hari sebelum even diselenggarakan, dan kali ini dipimpin langsung oleh orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi Jambi, yakni Gubernur Jambi, HBA, dan diikuti oleh Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum, Ketua GP Kwarda Jambi, Drs. A.M. Firdaus, M.Si, para kepala SKPD terkait dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, para bupati/walikota atau perwakilannya yang ada kaitannya dengan Perkempinas Tahun 2012, para perwakilan pengurus Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya.
Pada Selasa, 8 Maret 2011 yang lalu, juga telah diadakan Rapat Persiapan Perkempinas tahun 2012, bertempat di ruang pola kantor gubernur Jambi yang dipimpin oleh wakil gubernur Jambi.
Kesemua hal tersebut mencerminkan keseriusan pemerintah Provinsi Jambi, jajaran dibawahnya, dan seluruh pemangku kepentingan dalam mempersiapkan dan menyukseskan Perkempinas tahun 2012.
Gubernur menegaskan, meskipun kegiatan ini akan digelar sekitar 18 bulan lagi, tetapi sumua hal yang berkait dengan even tersebut harus dipersiapkan sedini mungkin, terutama kaitannya dengan anggaran, yang mana even ini membutuhkan biaya yang cukup besar.
Selain di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, juga akan dilaksanakan kegiatan di Kawasan Percandian Muaro Jambi, Taman Nasional Berbak dan Pulau Berhala di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, arung jeram di Kabupaten Merangin, dan di Gunung Kerinci Kabupaten Kerinci, yang juga merupakan rangkaian kegiatan Perkempinas tahun 2012. Maka dari itu, gubernur juga menghimbau pemerintah kabupaten-kabupaten dimaksud untuk mempersiapkan tempat kegiatan di kabupaten masing-masing dan hal yang berhubungan dengannya semaksimal mungkin.
Pada bagian akhir arahannya, gubernur menyatakan, “Kita harus bersyukur kepercayaan ini diberikan kepada kita, oleh karena itu mari kita persiapkan dengan baik,” tandas HBA.
Niat untuk mempersiapkan Perkempinas tahun 2012 sebaik-baiknya kembali dikemukakan oleh gubernur kepada wartawan yang mewawancarainya, senbari berharap agar masyarakat Provinsi Jambi mendukung persiapan even tersebut. “Kita ingin menjadi tuan rumah yang baik dalam Perkempinas tahun 2012,” tegas HBA.
Sebelumnya, Ketua GP Kwarda Jambi yang juga mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs. A.M. Firdaus, M.Si memaparkan rencana penyelenggaraan Perkempinas tahun 2012 kepada gubernur dan wakil gubernur Jambi serta seluruh peserta rapat.
Dalam paparan tersebut, A.M. Firdaus menuturkan Perkempinas Tahun 2012 ini direncanakan diselenggarakan pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan November tahun 2012, yang diperkirakan akan diikuti oleh 5.542 orang, termasuk perwakilan negara asing, yaitu Malaysia, Australia, Brunei, Thailand, Singapura, dan Filipina.
Dijelaskan oleh A.M. Firdaus, bahwa even ini merupakan kegiatan Gerakan Pramuka (GP), yakni perkemahan yang dilaksanakan dari, oleh, dan untuk Pramuka Penegak dan Pandega Putri (Usia 16-25 tahun) yang berasal dari seluruh Indonesia.
Maksud, tujuan, dan sasaran Perkempinas ini adalah menyelenggarakan kegiatan pertemuan antar Pramuka putri yang bertujuan sebagai wahana menggalang persaudaraan antar sesama anggota Pramuka putri dari seluruh Indonesia dan negara sahabat, yang dititikberatkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Pramuka putri untuk memperluas dan meningkatkan kualitas, pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya, ujar A.M. Firdaus.
Dalam rapat tersebut juga diadakan sesi tanya jawab yang dipandu langsung oleh gubernur. (Mustar/Fotografer : Sukirno).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions