PELATIHAN UNIT BANTU PERTOLONGAN PRAMUKA (UBALOKA)

Rabu, 19 September 2012


Dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan dan guna menggali potensi Sumber Daya Manusia di bidang pencarian dan pertolongan, pada tanggal 2 sampai dengan 6 Juli 2011 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan Gladi Tangguh UBALOKA yang dilaksanakan di Bataliyon 406, Sungai Klawing dan Desa Serang Kec. Karangreja Kabupaten Purbalingga.
Adapun kegiatan tersebut mendatangkan Instruktur dari SAR Purbalingga, Bataliyon 406, Pemadam Kebakaran, BPBD Kab. Purbalingga dan ORARI lokal Purbalingga dan adapun materi - materi yang disajikan antara lain :
1. Navigasi Darat oleh SAR Purbalingga;
2. Medical First Responder oleh SAR Purbalingga;
3. Vertical Rescue oleh SAR Purbalingga;
4. Water Rescue oleh SAR Purbalingga;
5. Teknik Survival oleh anggota Bataliyon 406;
6. Manajemen Bencana oleh BPBD Kab. Purbalingga;
7. Teknik Komunikasi Radio oleh ORARI lokal Purbalingga.
dan sebagai penutup kegiatan Gladi Tangguh UBALOKA tersebut, dilaksanakan juga simulasi penanganan dan pertolongan korban dengan mneggunakan teknik Vertical Rescue, yang dilaksankaan di lereng Gunung Puter Desa Serang, Kec Karangreja.
Menjelang pelantikan anggota UBALOKA yang mengikuti Gladi Tangguh tersebut melaksankan long march dari Desa Serang Karangreja menuju ke Bumi Perkemahan Munjulluhur dari mulai pukul 19.30 finish pada pukul 04.30 Wib di Karangbanjar.

http://sarpurbalingga.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions