Diary Latrut, 1 Maret 2013

Minggu, 03 Maret 2013


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka!
Salam sejahtera untuk kita semua.
Selamat berjumpa kembali dalam tajuk Diary Latrut Ambalan Ganesha Pa./Pi. SMA Negeri 1 Purbalingga. Kita sekarang ada di edisi Jumat, 1 Maret 2013. Ada segudang materi, pengalaman, dan ilmu yang akan kita dapat kali ini. Untuk itu langsung saja, kita bersama-sama menuju TKP.
Kali ini latrut tidak dibuka dengan upacara pembukaan latihan melainkan dengan apel karena akan ada headline panjang hari ini. Apel diisi oleh Kak Danu selaku Pembina Pramuka yang berasal dari Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga. Beliau memberikan motivasi dan wejangan-wejangan kepada seluruh anggota ambalan karena akhir-akhir ini nilai dan subjek Pramuka semakin berkurang tergerus zaman dan entertainment berlebihan. Maka dari itu, sekitar lebih kurang 10 menit, Kak Danu menuturkan sebuah tuntunan agar selalu semangat dalam menjalani latihan dan memperdalam materi. Setelah dirasa cukup, Kak Danu memungkasi amanat dan dilanjutkan dengan absensi dan checklist seperti biasa agar senantiasa tertanam di hati para Pandu rasa disiplin yang tinggi dan tidak menyepelekan sesuatu apapun. Presensi anggota Pramuka di ambalan sangat dihargai. Selain itu rasa tanggungjawab dalam mengenakan atribut dan menjaga diri juga dijunjung baik oleh semuanya. Sehingga keseluruhan akan mencapai keselarasan. Itulah halyang selalu diharapkan oleh ambalan.
Selanjutnya, sudah ada peralatan pertendaan di sebelah Utara lapangan basket, berarti materi hari ini adalah belajar mendirikan tenda pleton. Semua anggota membawa perlatan yang dibutuhkan menuju lapangan utama sebelah Barat. Setelah semua sudah berkumpul di lapangan Barat, baru kita mulai materikulasi. Tahap pertama adalah mengenalkan serba-serbi pertendaan terutama tenda pleton, karena SMA Negeri 1 Purbalingga memiliki 2 buah tenda pleton yakni tenda pleton besar dan tenda pleton serba guna. Untuk jajaran tamu ambalan akan sama-sama belajar mendirikan tenda pleton serba guna. Tenda pleton serba guna lebih efektif, simple, dan mudah didirikan daripada tenda besar karena ukurannya yang lebih kecil dan terdiri dari rangka sehingga mudah untuk didirikan maupun dipindah walau sudah berdiri tegak. Itulah salah satu keistimewaan tenda pleton serba guna atau ada yang menyebutnya tenda komando. Setelah semua materi guna pendirian tenda dirasa cukup, para Bantara kelas X dibagi menjadi 2 kelompok untuk bergantian belajar mendirikan tenda pleton.
Untuk kelompok pertama berhasil mendirikan tenda sekitar lebih kurang 40 menit dengan hanya menggunakan sebuah tutup pintu karena ada suatu masalah teknis. Sedangkan kelompok 2 menghabiskan waktu sekitar lebih kurang 50  menit memasanag lengkap. Semua belajar dengan semangat karena mereka yakin ini akan berguna suatu saat nanti dan salah satu kegiatan yang mereka senangi adalah kegiatan outdoor. Untuk Bantara dan Laksana kelas XI belajar untuk mendirikan tenda pleton besar guna bersiap untuk dipakai saat Kemah Tahunan 2013 yang akan dilaksanakan tanggal 20-22 Maret 2013 yang dibantu oleh Bantara kelas X. setelah semua tenda telah berdiri dengan baik, kami pun berfoto di depan kedua tenda tersebut bersama-sama baik antara kelas X maupun kelas XI. Sebelum berfoto, para cowo kelas X dan XI menyempatkan diri untuk membuat video Harlem Shake di dalam tenda plelton besar.
Mambangun tenda sudah, berfoto sudah, sekarang tinggal membongkar semua tenda dan mengemasinya kembali untuk nanti digunakan saat KT atau Kemah Tahunan. Namun apa daya, dikarenakan kami kurang kompak dalam merobohkan tiang tenda pleton besar, maka resiko menimpa kami, besi tiang dan atap ada yang patah karena tidak kuat menopang ketidakseimbangan tadi. Tetapi kami akan mencoba memperbaikinya dengan mencari tukang yang bias las dan memperbaikinya. Setelah semua agenda pendirian pertendaan  selesai, semua anggota beristirahat dan sholat. Selepas itu, masuk ruagan guna menyampaikan lagu Api Unggun dan persiapan KT. Semua agenda hari ini serasa sangat membahagiakan dan penuh rasa persaudaraan. Semoga rasa ini akan selalu ada di setiap hati anggota Pramuka. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka!







0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions