Diary Latrut 2 November 2012

Rabu, 14 November 2012


Scout Salute!!
Apa kabar kawan ?? LUAR BIASA WOW. Beginilah cara kami membakar semangat di siang hari pada Jumat, 02 Nopember 2012 kali ini. Semboyan yang akan selalu bergelora di dalam jiwa. Berjumpa lagi dengan saya dalam Ganesha’s Diary in Scout. Kali ini kita akan diajak untuk berpikir sederhana namun kompleks. Wew, bagaimana itu bisa terjadi ?? Mari disimak.
Pertama-tama, saya akan memberikan sebuah perumpamaan. Kita sedang berjalan-jalan menggunakan baju kebanggaan kita yang tak lain seragam pramuka lengkap beserta atributnya. Nah, kebetulan orang-orang di sekitar kita itu awam tentang pramuak dan tiba-tiba ada salah seorang dari mereka menghampiri kita. Dia bertanya, “Mas, ini si apa ? banyak banget kayak gini, aneh keliatannya lho mas, ngga wajar. Ini si artinya apa ?” (sambil menunjuk sebuah persegi ukuran 2 cm x 2 cm berwarna ungu di atas saku kanan kita). Lalu orang beseragam pramuka lengkap itu menjawab, “EEE>…….., apa ya mas ????”.
Waduh, apa ngga malu-maluin tuh, kita setiap minggu mengenakannya tapi tak tahu artinya apa dan mengapa ada di seragam coklat kita. Nah, pada latihan rutin kali ini, kita akan mengupas seputar Tanda-Tanda Dalam Gerakan Pramuka, mulai dari tanda umum, tanda satuan, tanda jabatan, en so on. Memanglah terlihat sederhana tapi akan membuat salah kaprah. Pramuka kok ngga tau. Mungkin akan muncul persepsi semacam itu menurut saya. Namun bagaimanapun, kita tetap harus mempelajari dan menghargai orang yang bertanya semacam itu, jangan malah gara-gara kayak gini jadi tawuran. Udah ngga jamannya lagi coy. Baik itu Catonti maupun anggota Ambalan Ganesha lain sama-sama diberi materi Tanda-Tanda GP, namun untuk Calon Pleton Inti, mereka mendapatkan materi yang lebih tinggi seperti tanda penghargaan dan tanda Satuan Karya, mereka ada gambarya. Kendati demikian, semoga tak membuat surut semangat kaum Praja Muda Karana ini. Selepas materi dan ISHO, Calon Pleton Inti ditarik ke aula. Mau ngapain ??  mereka akan diberi nasihat oleh kakak-kakaknya di sekolah namun cara yang digunakan agak berbeda dengan yang biasa orang tua kita lakukan mungkin. Masih banyak yang harus mereka benahi agar menjadi orang yang benar-benar tangguh. Semoga ini dapat memberi motivasi bagi catonti. Amin. Sekian cerita pada kali ini dan semoga ada manfaatnya. Terima kasih.
Scout salute!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pramuka SMA Negeri 1 Purbalingga © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions